twitter

RPP



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah             : ....
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : XII/2
Pertemuan Ke-            : 2
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi   :
4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul
Kompetensi Dasar      :
4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator :
         Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
         Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
         Menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi).
         Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
          
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
  • menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon;
  • menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon;
  • menuliskan reaksi senyawa karbon (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi);
  • mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.  
II. Uraian Materi Pembelajaran
  • Haloalkana merupakan senyawa turunan alkana dengan salah satu atom hidrogennya diganti dengan atom halogen. Senyawa haloalkana juga disebut alkil halida.
  • Rantai induk dalam senyawa haloalkana ditetapkan sebagai rantai terpanjang yang mengandung atom halogen.
  • Sebagian besar senyawa haloalkana tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik. Haloalkana dapat mengalami reaksi substitusi, eliminasi, dan reaksi persaingan.
  • Senyawa haloalkana dapat dibuat dengan beberapa cara, antara lain halogenasi alkana dengan Cl2 atau Br2, reaksi alkohol dengan PX3 atau PX5, adisi asam halida pada alkena, adisi halogen pada alkena, adisi asam halida pada alkuna.
  • Senyawa haloalkana yang banyak digunakan antara lain kloroform, iodoform, karbon tetraklorida, dan freon.

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa mengenai senyawa haloalkana.
b. Kegiatan Inti
  • Mendeskripsikan pengertian senyawa haloalkana.
  • Mendeskripsikan tata nama haloalkana, baik tata nama trivial maupun tata nama IUPAC.
  • Mendeskripsikan sifat haloalkana dan identifikasi gugus fungsi haloalkana.
  • Mendeskripsikan reaksi yang dapat terjadi pada haloalkana.
  •  Menyebutkan kegunaan senyawa haloalkana.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang senyawa haloalkana. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.

V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Sains Kimia Prinsip dan Terapannya 3B halaman 9–15
• CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 3

VI. Penilaian
Siswa mengerjakan Latihan 6.3 dan Soal Tantangan.


Mengetahui, ................, .....................
Kepala Sekolah                                                   Guru Kimia




(___________________)                         (___________________)
NIP. ................................                         NIP. ................................


My chemist 08 family


I made this widget at MyFlashFetish.com.